Cara Mengatasi Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi

Cara Mengatasi Hp di Cas Tapi Tidak Mengisi

Banyak permasalahan yang kita temui ketika menggunakan HP android. Salah satunya yaitu HP yang kita cas bukannya bertambah isi batrenya malah berkurang. Tentu banyak yang menemukan permasalahan ini.

Berikut ini Cara Memperbaiki HP Di Charge Tidak Mengisi dan Malah Berkurang

Kamu tentu akan sangat bingung ketika sedang mengecas HP ternyata daya batre malah berkurang bukannya bertambah. Belum lagi ketika HP yang kamu gunakan sangat penting karena berhubungan dengan aktifitas sehari-hari.

Pada artikel ini kami akan mengulas cara mengatasinya. Berikut ulasannya:

Restart HP Anda

Saat kamu menggunakan HP dan ternyata kamu tidak bisa melakukan pengisian daya. Maka kami sarankan untuk melakukan restart ulang HP anda. Itu dilakukan untuk mereset sistem yang ada di HP anda ketika ternyata ada kesalahan sistem yang menyebabkan HP anda tidak bisa menambah daya.

Hal tersebut bisa disebabkan lantaran terlalu banyak task di latar belakang sistem yang tentunya akan menyebabkan beban CPU HP kamu jadi semakin terbeban atau semakin berat. Tentu saja kondisi ini akan memakan banyak daya HP

Akibatnya saat kita menyambungkan charger untuk menambah daya. Proses penambahan daya jadi tidak bisa dilakukan. Malah mengurangi daya HP. Walaupun terisi proses pengisian daya akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Dinginkan HP

Dengan kinerja yang sangat berat atau task terlalu banyak di latar belakang HP. Maka menyebabkan CPU HP jadi semakin panas temperaturnya. Tahukah kamu apa hubungannya?

Tentu saja HP yang panas akan menghambat proses pengisian daya HP anda. Coba saja kamu bandingkan ketika mengisi daya HP dalam kondisi dingin dengan mengisi daya HP dalam kondisi CPU HP panas. Tentu akan berbeda prosesnya.
Bagaimana solusinya?

  • Kamu hanya cukup matikan HP Anda, lalu lakukan pendinginan HP sementara sebelum kamu mengisi daya HP anda.
  • Kalau batre HP kamu bisa dicabut. Lebih baik dicabut terlebih dahulu dan dinginkan batrenya sebelum kemudian kamu mengisi dayanya lagi.
Baca Juga :  Spesifikasi HP Nokia Edge 2022 Mirip iPhone, Harganya Murah

Bersihkan Ujung Kabel Charger HP

Kabel yang rusak juga menjadi salah satu penyebab menurunya proses pengisian daya HP. Apalagi ternyata kamu memakai kabel data bajakan atau yang sudah tidak asli lagi.

Akan tetapi bukan berarti kamu harus menggantinya. Bisa saja itu disebabkan adanya kabel yang rusak atau kotor. Untuk itu sebelum melakukan pengisian daya. Ada baiknya kamu cek terlebih dahulu.
Bersihkan kabel charger anda agar tidak ada lagi kotoran yang menempel pada permukaan charger tadi. Biasanya disebabkan oleh debu yang sifatnya menempel sehingga menghambat proses penyaluran daya dari charger kamu ke HP.

1. Coba bersihkan ujung kabel tersebut dengan tisu

Kamu bisa Lap ujung charger hingga bersih. Gunakan tisu kering atau tidak lembab untuk menghindari korsleting kabel setelahnya.

2. Gunakan kertas amplas

Kamu bisa mendapatkan amplas di toko-toko bangunan. Harganya cukup murah hanya 3.000 sampai 5.000 rupiah.

Gunakan amplas yang sedang atau yang jangan terlalu halus atau kasar karena kalau terlalu kasar bisa menyebabkan kabel rusak. Amplas yang kamu beli harus amplasl besi. Bukan amplas kayu.

Kalau kamu mau membersihkan kabel charger kamu menggunakan amplas. Kamu hanya diharuskan menggosokkan amplas ke ujung kabel charger kamu hingga bersih. Kalau sudah kamu lakukan. Seluruh kotoran yang menempel akan benar-benar hilang.

Baca Juga :  Cara Melihat Trending Youtube di HP dan PC/Laptop

Ganti Kabel Charger

Kalau cara – cara diatas ternyata masih belum berhasil. Maka kamu bisa mengganti kabel charger yang kamu gunakan sebelumnya dengan yang baru. Siapa tahu kabel yang kamu gunakan ternyata sudah jelek.
Sebab, kabel charger yang digunakan sudah cukup lama biasanya akan mulai jelek seiring dengan pemakaiannya yang sudah cukup lama.

Apalagi kabel charger yang kamu gunakan sebelumnya ternyata kabel yang murahan. Tentu saja usia pemakaiannya akan lebih singkat daripada yang lebih mahal. Maka dari itu kami sarankan untuk mengganti saja kabel chargernya.
Sebelum menggantinya, kamu harus ingat tiga hal berikut ini:

  1. Ganti kabel yang original. Paling tidak ganti kabel charger yang berkualitas yang harganya sedikit mahal. Sebab akan lebih terjamin keawetannya.
  2. Kalau menggunakan Kabel charger murahan, resikonya bisa merusak komponen bagian dalam HP.

Bersihkan Port USB

Ternyata kondisi port USB yang kotor juga menjadi salah satu penyebab HP tidak mengecas. Tidak hanya kabelnya saja.

Perlu kamu ketahui seiring pemakaian HP yang cukup lama. Tentu saja akan semakin banyak kotoran beruba debu yang menempel di HP anda. Akibatnya akan mengganggu penghantaran daya dari kabel charger kamu ke port charger HP anda.

Catatan:

  • Kalau kamu mau membersihkannya. Gunakanlah benda-benda kecil yang lembut dan tidak kasar. Kamu harus berhati-hati jangan sampai port didalamnya malah patah ketika kamu akan membersihkannya.

Jadi Kesimpulannya, kalau kamu mau memperbaiki HP yang tidak bisa ngecas malah daya HP kamu berkurang. Tidak hanya 1 atau 2 cara saja.

Berikut ini urutan langkah yang bisa Anda lakukan ketika kamu mengalami masalah ini:

  1. Restart HP.
  2. Dinginkan HP.
  3. Bersihkan ujung kabel charger.
  4. Bersihkan port USB.
  5. Kalibrasi baterai.
  6. Cas dari sumber daya yang benar.
  7. Ganti kabel USB.
  8. Ganti head charger (adapter charger).
  9. Reset sistem.
  10. Ganti baterai.
  11. Memakai charger desktop.
  12. Ganti IC charger.
Baca Juga :  Bagaimana cara merekam cuplikan layar di hp realme c12?

Dengan mengikuti cara – cara diatas mudah-mudahan permasalahan yang kamu alami bisa teratasi. Kalau memang tidak bisa kamu lakukan maka kami sarankan untuk membawa ke service center HP anda.
Tentu saja kalau HP yang sulit dicas, akan menyusahkan. Sebab HP yang biasa dipakai belasan jam per hari untuk beragam penggunaan, jadi sulit dipakai. Ini bisa menghambat sejumlah urusan, termasuk pekerjaan. Tentu saja gawat jadinya.

Nah, Kalau sudah berhasil, kamu harus lebih menjaga kinerja baterai supaya selalu normal. Contohnya:

  • Mengurangi pemakaian Android sambil dicas dalam kondisi panas.
  • Memastikan Android selalu stabil, untuk mencegah kerusakan sistem.
  • Melakukan kalibrasi, apabila sudah melakukan flashing ulang maupun pemasangan custom ROM.
  • Menggunakan adapter serta kabel charger yang bagus dan berkualitas.
  • Selalu memastikan sumber listrik untuk pengecasan dayanya stabil.
  • Menjaga temperatur pada baterai.
  • Memakai HP sewajarnya.
  • Dan masih banyak lagi.

Kalau kamu menggunakan HP sudah diatas 3 tahun, kami sarankan untuk lebih menjaga HP anda. Sebab biasanya HP yang sudah lama digunakan lebih rentan mengalami masalah daripada HP yang masih baru.
Semoga membantu dan bisa bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.