Cara Menghitung Resistor 5 Warna

Cara Menghitung Resistor 5 Warna

Resistor sering disebut hambatan komponen dalam rangkaian listrik yang berfungsi menghambat aliran listrik. Hambatan yang terdapat dalam resistor memiliki satuan Ohm atau sering ditulis dengan omega (?). Resistor memiliki lambang R dan dalam gambar rangkaian listrik resistor digambarkan seperti sandi rumput, yang naik turun zigzaz dengan tajam

Bentuk komponen listrik, nilai hambatan yang ada dalam resistor biasanya “ditulis” dengan menggunakan pita-pita berwarna, mulai dari 4 warna, 5 warna dan 6 warna. Konsep penggunaan warna tersebut pada dasarnya sama aja, hanya untuk yang enam warna ditambahkan lagi dengan koefisien suhu.

Pada resistor dengan 5 warna , warna pita 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, pita 4 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-5 sebagai ambang batas toleransi.

Baca Juga :  Cara Mengisi Token Listrik PLN Dengan Praktis. Dijamin Tidak Akan Gagal!

Berdasarkan warna pita maka bisa ditentukan jumlah nilai resistor sebenarnya. Pada dasarnya akan dibutuhkan minimal 2 buah pita terakhir untuk pita pengali dan toleransi serta pita koefisien suhu khusus untuk 6 warna.

Jika pita berfungsi sebagai multiplier maka nilainya adalah 10 pangkat angka pita. Misal pita hitam=0, sebagai multiplier nilainya adalah 100 = 1. Pita orange=3, sebagai multiplier nilainya adalah 103 = 10k. Pita hijau=5, sebagai multiplier nilainya adalah 105.

Supaya lebih jelasnya bagaimana pita ini memberikan nilai sebuah resistor berdasarkan lingkaran pita-pita yang ada maka akan langsung kita coba praktek menghitung nilai resistor mulai dari yang menggunakan 4 warna hingga resistor 6 warna.

Menghitung Hambatan Resistor 5 Warna

Kalau kita mempunyai resistor lain dengan 5 pita warna pada resistor. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengisi Token Listrik PLN Dengan Praktis. Dijamin Tidak Akan Gagal!

Biar sama juga, kita asumsikan pita diresistor mulai dari pita ke 1 (paling kiri) hingga pita ke-5 yakni orange, orange, putih, hitam dan coklat. Bagaimana kita mengetahui pita coklat sebagai toleransi dan bukan pita orange??? Pita coklat juga berfungsi sebagai penanda toleransi. Pita orange bukan sebagai penanda toleransi. Cara lainnya yakni lihat ada jarak yang cukup lebar antara pita hitam dan pita coklat. Hal ini untuk memisahkan antara pita angka / nilai resistor dengan pita toleransi. 
Dengan demikian kita tinggal menghitung nilai resistor tersebut:

Jadi nilai resistor tersebut adalah 339 x 100 = 339 x 1 = 339 ohm ± 1%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.