Saham-saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari para pemegang saham

Saham-saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari para pemegang saham

Saham-saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari para pemegang saham

Jawaban : Treasury Stock merupakan saham perusahaan yang dibeli kembali dari peredaran untuk sementara waktu

Penjelasan :

Perbedaan antara saham yang belum beredar dengan saham yang dibeli kembali dari peredaran (treasury stock) adalah saham yang belum beredar merupakan modal saham yang belum dijual atau belum diedarkan.

Sedangkan saham yang dibeli kembali dari peredaran adalah modal saham yang beredar yang dibeli kembali.

Menurut Wikipedia Saham treasury atau saham yang diperoleh kembali adalah saham yang dibeli kembali oleh perusahaan penerbit, mengurangi jumlah saham yang beredar di pasar terbuka.

Saham treasuri adalah saham yang dibeli kembali (buyback) oleh perusahaan dari tangan investor, salah satu cara ini dilakukan oleh perusahaan ketika kondisi pasar berfluktuasi secara signifikan. Arti lain dari treasury shares yaitu “saham yang diperoleh kembali”.

Baca Juga :  Saham yang mempunyai hak khusus melebihi pemegang saham biasa disebut?

Tujuan utama perusahaan melakukan saham treasuri adalah sebagai salah satu upaya menjaga harga saham agar tidak turun terlalu dalam. Pembelian saham kembali itu (buyback) biasanya turut didorong oleh otoritas terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam situasi tertentu seperti market crash.

Saham-saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari para pemegang saham adalah Treasury Stock merupakan saham perusahaan yang dibeli kembali dari peredaran untuk sementara waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.