Preference trading arrangement (PTA) yang bertugas untuk

Preference trading arrangement (PTA) yang bertugas untuk

Preference trading arrangement (PTA) yang bertugas untuk

Jawaban :

Preference trading arrangement (PTA) bertugas untuk mementukan tarif rendah berbagai jenis komoditi produk asean, atau mementukan tarif rendah berbagai jenis komoditi produk asean

Penjelasan :

PTA adalah perjanjian internasional dengan keanggotaan terbatas dan bertujuan untuk mengamankan atau meningkatkan akses pasar masing-masing negara yang berpartisipasi. PTA sendiri merupakan batu loncatan menuju perdagangan bebas di seluruh dunia.

Manfaat yang dapat diperoleh dari FTA antara lain terjadinya trade creation dan trade diversion. Trade creation adalah terciptanya transaksi dagang antaranggota PTA yang sebelumnya tidak pernah terjadi, akibat adanya insentif yang berasal dari pembentukan FTA. Sementara itu, trade diversion merupakan peralihan impor dari satu negara ke negara lain.

Baca Juga :  Apa kelebihan online trading di bandingkan manual trading

Trade diversion umumnya terjadi karena peralihan tersebut dianggap lebih efisien atau menguntungkan dari sudut pandang ekonomi. Misalnya penurunan tarif membuat Indonesia yang sebelumnya selalu mengimpor gula dari Brazil beralih menjadi mengimpor gula dari Thailand. Peralihan tersebut terjadi karena biaya impor gula dari Thailand dianggap lebih efisien dan membuat Indonesia berhenti mengimpor gula dari China.

Selain itu, adanya PTA dapat membuat eksportir pada suatu negara memperoleh tarif preferensi. Tarif preferensi ini membuat eksportir maupun pengusaha dapat menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.