4 Tips Memilih Saham Terbaik Jangka Panjang, Cocok untuk Pemula

4 Tips Memilih Saham Terbaik Jangka Panjang, Cocok untuk Pemula

Jika Anda adalah seorang pemula di dunia saham, pasti Anda masih merasa kebingungan ketika hendak memilih saham terbaik yang akan Anda beli. Memilih saham memang bukan hal yang mudah, karena keadaan pasar saham yang sering sekali mengalami perubahan.

Karena itu sekarang kita akan bahas 4 tips memilih saham terbaik  jangka panjang yang dapat Anda coba.

Mempelajari Keadaan Keuangan Perusahaan 

Terdapat banyak sekali perusahaan yang terdaftar di bursa efek, tentu tidak semuanya memiliki saham yang memberi keuntungan bagi Anda. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk membeli saham jangka panjang, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu keadaan keuangan dari perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya.

Menurut Nico Omer Jonckheere, seorang analis, ada 4 indikator penting yang patut diperhatikan saat mempelajari laporan keuangan suatu perusahaan yaitu Penjualan dan Laba Bersih, Arus Kas, Rasio Utang Terhadap Modal dan OPM atau operating profit margin.
Anda juga bisa mempelajari laporan keuangan sebuah perusahaan di situs resmi bursa efek yaitu https://www.idx.co.id.

Baca Juga :  5+ Daftar Saham yang Bagus untuk Investasi Saham

Mencari  Berita Terbaru Mengenai Saham

Tips untuk mencari saham jangka panjang terbaik berikutnya adalah dengan mencari berita terbaru tentang saham.Karena dunia saham sering sekali berubah, berita terbaru
dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum memastikan untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Mempelajari Pergerakan Harga Saham di Masa Lalu

Selain mencari berita terbaru, Anda juga perlu untuk belajar tentang pergerakan harga saham di masa lalu. Meskipun pergerakan harga di masa kini tidak dapat ditebak dari pergerakan di masa lalu, penting bagi Anda untuk mengetahui seberapa besar perubahan yang telah terjadi.
Dengan mempelajarinya. Anda akan terbantu saat hendak membeli saham. Sebaiknya hindari untuk membeli saham yang memiliki harga yang sering naik dan turun secara mendadak, karena saham seperti ini lebih beresiko.

Baca Juga :  Saham yang Bagus Untuk Jangka Pendek Wajib Anda Ketahui

Mencoba Memprediksi Masa Depan dan Resiko yang Mungkin Akan Dihadapi

Anda telah mempelajari situasi keuangan perusahaan, mempelajari pergerakan dan mencari berita terbaru tentang saham. Maka tips memilih saham terbaik jangka panjang  selanjutnya yang perlu Anda  lakukan adalah mencoba memprediksi masa depan.

Masa depan yang dimaksud adalah bagaimana perkembangan dari suatu perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Hal itu bisa Anda ketahui dari berita mengenai pergerakan yang dilakukan perusahaan itu misalnya apakah perusahaan tersebut meluncurkan produk baru yang dapat mempengaruhi harga saham.
Resiko juga tidak boleh luput dari pengamatan Anda, seperti apakah perusahaan yang bersangkutan memiliki masalah hukum atau memiliki kebijakan yang sering berubah.

Baca Juga :  4 Aplikasi Saham Terbaik untuk Trading Bagi Pemula 

Dengan mengetahui resiko yang mungkin datang di masa depan, Anda dapat mempersiapkan strategi untuk menghadapinya.

Itulah 4 tips untuk memilih saham terbaik  jangka panjang yang dapat Anda coba.  Agar kegiatan investasi saham semakin mudah, Anda bisa coba untuk menggunakan aplikasi saham terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.