Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Saham 50

Menimbang Kelebihan dan Kekurangan Saham 50

Di Indonesia, ada peraturan mengenai minimal pembelian saham yaitu sebesar Rp 50. Maksudnya, di pasar reguler saham nilai paling rendah yang diperbolehkan adalah Rp 50 atau gocap. Saat ini ada banyak saham 50 yang bagus dan menghasilkan cuan tinggi. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor dan pemula. Namun, jangan lupa pertimbangkan kelebihan dan kekurangan beli saham 50 berikut ini!

Kelebihan: 

Memiliki Potensi Nilainya Naik

Seperti saham kebanyakan, nilai saham gocap pun juga memiliki kemungkinan untuk bisa naik dan membuat investornya jadi untung. Biasanya akan mendatangkan gain yang dalam kurun waktu 1 sampai 2 tahun. Misalkan seperti ANDI yang merupakan saham fundamental di sektor CPO, kelapa sawit. 
Karena Indonesia termasuk dalam importir BBM, maka nilai saham CPO akan memungkinkan untuk naik setiap tahunnya. Anda perlu mengingat bahwa jika ada saham 50 yang terbaik bisa mendatangkan keuntungan lebih dari 100%. 

Baca Juga :  Saham yang Bagus Untuk Jangka Pendek Wajib Anda Ketahui

Tidak Perlu Khawatir Harga Anjlok Jauh

Jika keuntungan saham bisa kembali 100%, kerugian yang dialami dari saham pun bisa sampai -100%. Namun jika Anda bermain di saham 50 tidak perlu khawatir mengenai harga anjlok yang membuat Anda akan merugi banyak. Sebab, harga sebuah saham tidak akan lebih rendah dari Rp 50. 

Harga saham yang sejak awal memang sudah rendah tidak akan membuat Anda lebih turun lagi karena sejak awal yang Anda masukkan pun harga terendah. 

Kekurangan: 

Dinilai Sebagai Saham yang Buruk

Tahukah Anda kenapa ada saham yang nilainya ada di batas terendah? Ini karena perusahaannya dinilai buruk sehingga harga sahamnya anjlok. Jika Anda memang berminat dengan saham dengan fundamental buruk, bersiap jika sewaktu-waktu mengalami penurunan harga atau malah tidak mengalami kenaikan sama sekali. 

Baca Juga :  Badan usaha yang modalnya terdiri dari saham adalah

Mencari tahu asal-usul perusahaan sebelum membeli saham akan jauh lebih baik. Membeli saham perusahaan yang bermasalah, tandanya Anda siap merugi. Saham 50 yang bagus pun saat bisa banyak ditemukan. 

Kemungkinan Harga Saham yang Tidak Akan Naik

Nah, karena dari perusahaan yang bermasalah, kemungkinan harga saham tidak akan mengalami kebangkitan juga besar. Artinya, Anda harus bersiap tidak adanya keuntungan dalam bermain saham. Selain itu, saham 50 fundamental bagus saja perlu waktu sampai tahunan untuk bisa mendatangkan keuntungan bagi investornya. 

Namun bagi investor berpengalaman, saham gocap sudah ditinggalkan di pasar modal. Bahkan, likuiditasnya cenderung menurun karena tidak ada yang mau membeli saham gocap tersebut. Bisa dibilang, orang yang membeli saham gocap 2022 adalah orang nekat. 

Baca Juga :  Saham yang mempunyai hak khusus melebihi pemegang saham biasa disebut?

Berikut tadi kekurangan dan kelebihan membeli saham 50 yang bagus. Hal-hal di atas bisa jadi pertimbangan dalam menentukan langkah Anda dalam berinvestasi. Apalagi kini ada aplikasi saham terbaik untuk memantau pergerakan harga, investasi jadi lebih mudah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.