4 Tips Memilih Reksadana Pasar Saham Terbaik untuk Pemula

4 Tips Memilih Reksadana Pasar Saham Terbaik untuk Pemula

Memilih reksadana pasar saham terbaik adalah langkah penting sebagai jaminan kepastian investasi Anda menguntungkan. Hanya saja, cara ini membutuhkan keahlian dan pengalaman. Lalu, bagaimana dengan Anda yang masih pemula?

Tak perlu cemas, karena ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk memilih reksadana pasar saham terbaik meskipun Anda masih pemula, kok! Simak tipsnya berikut ini dan selamat membaca!

Risiko dan Imbal Hasil

Serupa dengan instrumen investasi lainnya, reksadana saham juga mengalami fluktuasi sehingga harga dan keuntungannya bisa mengalami naik-turun. Risiko reksadana tak hanya bergantung pada pergerakan pasar, tapi juga keahlian manajer investasi. 

Karena itu, Anda harus membekali diri dengan informasi dan update berita ekonomi untuk memahami kondisi pasar yang bisa mempengaruhi investasi Anda.

Baca Juga :  7 Reksadana Pasar Uang Syariah Terbaik pada Kuartal I 2021

Kalau Anda kesulitan, Anda bisa gunakan jasa perencana keuangan yang akan menyediakan informasi tren hingga prediksi pergerakan reksadana saham. Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan investasi dengan lebih cermat berdasarkan risiko dan imbal hasilnya.

Tujuan Investasi

Memilih reksadana terbaik pada dasarnya memilih yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Nah, reksadana pasar saham sendiri pada dasarnya paling ideal sebagai pilihan instrumen investasi jangka panjang, bukan jangka menengah atau pendek.

Sedangkan jika Anda lebih memilih investasi jangka pendek, reksadana pasar uang lebih ideal sebagai pilihan. Dan untuk investasi jangka menengah, ada reksadana pendapatan tetap atau campuran.

Profil Manajer Investasi

Manajer investasi memainkan peran besar dalam kesuksesan investasi Anda di reksadana, termasuk reksadana pasar saham. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari profil manajer investasi Anda dengan cermat, termasuk track record-nya.

Baca Juga :  Reksadana Saham Syariah Terbaik yang di Rekomendasikan untuk Anda

Salah satu tujuannya adalah untuk membantu Anda memilih manajer investasi yang sesuai dengan preferensi Anda dalam investasi. Misalnya, jika Anda mantap akan berinvestasi di reksadana pasar saham, Anda bisa pelajari track record manajer investasi yang lebih ahli di area ini.

Riwayat Kinerja Reksadana Pilihan

Tak hanya riwayat manajer investasi saja yang perlu Anda pelajari, riwayat kinerja reksadana pasar saham yang akan Anda pilih juga perlu Anda cermati. Pada dasarnya, sebagai pemula Anda bisa mulai dengan reksadana pasar saham yang menunjukkan riwayat kinerja positif dan stabil.

Apabila reksadana pasar saham tersebut punya riwayat kinerja yang stabil dari periode ke periode, Anda bisa pertimbangkan untuk berinvestasi di sana. Karena sebagai pemula, Anda perlu masih banyak belajar dan cari pengalaman sehingga Anda bisa mulai dengan pilihan yang “aman” dulu. 

Baca Juga :  Mana Yang Lebih Menguntungkan Investasi Di Reksadana Atau Trading Crypto Untuk Para Pemula ? 

Nah, itulah rangkuman dari 4 tips memilih reksadana pasar saham terbaik dan menguntungkan bagi Anda yang masih pemula. Pastikan pula bahwa Anda memilih aplikasi saham terbaik bagi Anda yang memutuskan untuk melakukan investasi secara online seperti tren saat ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.