berikut merupakan komponen yang ada di dalam motherboard, kecuali

Berikut merupakan komponen yang ada di dalam motherboard, kecuali

Berikut merupakan komponen yang ada di dalam motherboard, kecuali

a. chipset
b. bios
c. eprom
d. slot ekspansi
e. aprom

Jawaban : E. Apron
Penjelasan :

Bagian Bagian dalam Motherboard

Konektor Power pada Power Supply Unit (PSU)
Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply komputer. Terdapat 2 tipe konektor power supply yakni tipe AT dan tipe ATX. Untuk tipe ATX kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh dan tipe AT terdiri dari dua bagian atau dua kabel dari power supply yang menancap menjadi satu.

Socket/Slot Processor

Tempat dimana menaruh CPU (Central Processing Unit) atau Processor. Ada 2 jenis tipe untuk processor yaitu socket dan slot, biasanya setiap motherboard memliki satu jenis saja. Namun ada juga yang memiliki lebih dari satu socket atau slot, biasanya digunakan untuk multi processor.

Chipset

Chip atau Chipset merupakan packaging silikon yang berfungsi sebagai penyimpan informasi dan instruksi komputer. Chipset adalah sebuah sirkuit elektronik yang mengkoordinir transfer data antara berbagai komponen komputer (termasuk prosesor dan memori).Chipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge danSouthbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya

BIOS (Basic Input/Output System)

BIOS (Basic Input / Output System) adalah program dasar yang digunakan sebagai antarmuka antara sistem operasi dan motherboard. BIOS yang disimpan dalam ROM (read-only memori), menggunakan data didalam. Di dalam BIOS terdapat program yang dapat digunakan untuk mengatur bagaimana suatu komponen yang terpasang pada motherboard bisa bekerja.

Batere CMOS

Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.

Slot RAM

Motherboard memiliki slot khusus untuk RAM, seperti halnya prosessor. Dan setiap jenis motherboard berbeda–beda jenis SLOT ram yang disertakan dalam motherboardnya tersebut. Untuk motherboard keluaran lama menggunakan slot SDRAM, sedangkan jenis terbaru saat ini menggunakan DDR3.

Slot IDE dan SATA

Digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan piranti penyimpanan seperti floppy disk atau harddisk. Biasanya 1 mainboard terdapat 1 slot saja baik untuk konektor IDE maupun SATA. Namun saat ini keduanya ada dalam sebuah motherboard.

Slot Ekspansi

Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer yang digunakan untuk upgrade komputer. Slot Ekspansi terdiri dari berbagai macam jenis antara lain PCI, PCIExpress, dan AGP.9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.