Ekstansi file yang diolah menggunakan pengolahan grafis vektor yaitu

Ekstansi file yang diolah menggunakan pengolahan grafis vektor yaitu

Ekstansi file yang diolah menggunakan pengolahan grafis vektor yaitu …

a. GIF
b. BMP
c. JPG
d. TIFF
e. HPGL

Jawaban : e. HPGL

Penjelasan :

Grafis vektor merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming). Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Pemakaian grafis vektor pun akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.

Berikut ini merupakan macam-macam ekstensi dari grafis vektor.

  1. SVG (Scalable Vektor Graphics)
    SVG memiliki tampilan yang tetap rapi meskipun diperbesar berkali-kali. Format gambar SVG mulai diterapkan pada browser web seperti Opera dan Firefox.
  2. GEM (Graphics Exchange Metafile)
    GEM adalah format file grafik berbasis vektor yang digunakan oleh aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh Digital Research.
  3. CDR (Corel Draw)
    CDR adalah format file untuk software grafis yaitu CorelDraw. Format ini bersifat vektor dan format default dari CorelDraw. Gambarnya apabila diperbesar atau diperkecil melebihi resolusi tidak akan mengalami diskorsi atau pecah.
  4. AI (Adobe Ilustrator)
    AI adalah format file grafik berbasis vektor yang dimiliki oleh software grafik Adobe Illustrator sebagai format default dari pabrikannya. Gambarnya apabila diperbesar atau diperkecil tidak akan mengalami diskorsi atau pecah. Ukuran file berformat ini biasanya besar karena belum mengalami kompresi.
  5. CGM (Computer Graphics Metafile)
    CGM adalah format file grafik vektor yang dikembangkan oleh beberapa organisasi standar yang didukung oleh banyak produk software PC.
  6. HPGL (Hewlett Packard Graphics Language)
    HPGL merupakan salah satu format file tertua. Meskipun tidak cukup bagus, format ini didukung oleh banyak produk grafik berbasis PC.
  7. PAT (Pattern File)
    File PAT biasanya berukuran besar karena belum mengalami kompresi. File ini biasanya digunakan untuk menyimpan file yang penting dan berkualitas.
  8. DXF (Data eXchange File)
    DXF adalah format file grafik vektor yang dikembangkan oleh Autodesk. Sebagian besar sistem CAD dapat menggunakan format ini.
  9. EPS(Encapsulated PostScipt)
    EPS adalah suatu format berkas grafik yang dapat berisikan grafik vektor, teks, ataupun bitmap.
Baca Juga :  Kumpulan sel yang ditulis seperti contoh (A1:E15) disebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.