Orang yang Menemukan Bola Basket Adalah

Orang Yang Menciptakan Permainan Bola Basket adalah?

Orang yang Menciptakan Bola Basket Adalah. Salah satu cabang olahraga favorit di Tanah Air adalah Bola Basket. Anak-anak hingga usia veteran bisa memainkan olahraga ini. Cukup dengan lima orang maka kita sudah bisa bermain Olahraga Bola ini. Pertandingan basket dimainkan dengan durasi waktu 4×10 menit.

Soal sejarahnya olahraga ini sudah cukup tua. Yakni dimainkan sejak 1891. Namun tidak banyak yang mengetahui sejarah hingga penemu dari olahraga Bola Basket ini.

Orang yang Menciptakan Permainan Bola Basket Adalah?

Sekarang mari bersama-sama kita ketahui, bahwa permainan bola basket memiliki sejarah kreativitas yang cukup panjang yang lahir dari tangan dingin guru olahraga.

Siapakah Orang yang Menciptakan Permainan Bola Basket?

Dia adalah James Naismith. Dilahirkan sebagai anak kedua dari pasangan imigran Skotlandia. Dirinya lahir pada 6 November 1861 di Almonte, Ontario, Kanada. Naismith muda, sering kali mempelajari teologi. Bahkan dirinya selalu unggul dalam bidang olahraga. Dirinya diangkat Luther Halsey Gulick, Jr., kepala Departemen Pendidikan Jasmani di Springfield pada musim gugur 1891 sebagai instruktur.

Baca Juga :  Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia Adalah

Biografi James Naismith

James Naismith - Penemu Olahraga Bola Basket
James Naismith Adalah Orang yang Menemukan Permainan Bola Basket

Orang yang menciptakan Permainan bola basket adalah James Naismith. Di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat dia adalah guru olahraga sejak 1891.

Sebagai orang yang menciptakan olahraga Permainan bola basket. James Naismith ingin membuat permainan yang tidak keras dan memiliki kerja sama tim. Ia juga menginginkan permainan di mana alat dari permainan itu adalah bola. Tetapi, saat terciptanya permainan bola basket bola yang digunakan yakni bola sepak bola.

Orang yang menciptakan bola basket ini tidak menginginkan ada anggota tim atletik yang cidera, maka dia membuat aturan yakni meletakkan gawang di bagian atas. Tujuannya agar tidak ada yang bisa menjaga gawang tersebut. Pemain cuma bisa memasukkan bola ke dalam gawang dengan meleparkan bola kepada pemain lainnya.

Baca Juga :  Menggiring Dalam Permainan Bola Basket Berarti

Murid – muridnya mulai menyukai permainan yang diciptakan James Naismith. Tetapi, permainan ini masih ada kekurangan yakni bola yang dimasukkan ke dalam gawang tidak bisa keluar. Bola yang sudah dimasukan harus diambil dengan menggunakan tangga. Tidak jarang pada saat itu James Naismith harus membantu mengambil bola agar permainan berjalan dengan seru.

James Naismith memiliki ide, gawang diganti menjadi sebuah jaring yang dibawahnya berlubang. Itu dilakukan James supaya bola bisa jatuh dengan sendirinya dan tidak perlu mengambilnya dengan tangga.

Salah satu muridnya mengucapkan keranjang atau basket. Sebutan dari salah satu murid tersebut. Membuat permainan yang dicipatakan James Naismith dikenal dengan permainan bola basket atau basketball. Saat it nama James Naismith semakin dikenal orang Amerika Serikat saat itu.

Baca Juga :  Menggiring Dalam Permainan Bola Basket Berarti

Sebelum dijuluki dengan istilah bola basket sempat ada usulan permainan yang diciptakan oleh James Naismith diberi nama “bola Naismith”. Akan tetapi, James Naismith menolak untuk pemberian nama permainan itu. Ia didaulat menjadi Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional saat James Naismith datang pada pagelaran Olimpiade Berlin di tahun 1936.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.