12 Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Lebih Awet

12 Cara Menghemat Baterai iPhone Supaya Lebih Awet

Simak cara menghemat baterai iPhone supaya lebih awet. Bagi para pengguna iPhone tentu sering merasakan jika daya baterainya lebih boros. Karena beberapa kegiatan yang dilakukan di iPhone.

Jangan khawatir hal tersebut bukanlah kerusakan pada sistem baterai iPhone, melainkan karena ke sistem yang dioperasikan secara berlebihan. Sama seperti daya baterai di HP Android, ketahanan daya baterai tergantung pada pemakaian handphone itu sendiri.

Atau sebagai pengguna iPhone / Android, kita tidak menyadari adanya penggunaan aplikasi yang terbuka yang mengurasi daya baterai.

12 Cara Mudah Menghemat Baterai iPhone

Berikut ini cara menghemat baterai iPhone. Dijamin berhasil dan daya baterai IPhone kamu tidak boros lagi.

Aktifkan Mode Low Power

cara menghemat baterai iPhone yang pertama adalah mengaktifkan Low power mode atau mode daya rendah sebagai trik yang dianggap bagus untuk mengirit masa pakai iPhone seri mana saja. Setelah mode ini diaktifkan, secara automatis handphone akan mengurangi konsumsi daya dengan mematikan penyegaran aplikasi yang telah terbuka, pembaruan e-mail, efek visual, unduhan automatis dan ada banyak kembali.
Untuk mengaktifkan mode ini ada beberapa cara, sebagai berikut:

  • Minta siri mengaktifkan mode low power ini dengan mengucap ‘Hai Siri, Turn on low power mode’
  • Jika perangkat tidak merespon atau tidak mengaktifkan siri, maka bisa menarik layar bagian bawah atau buka pusat kendali dan aktifkan mode daya rendah.
  • Selain kedua cara di atas, pengguna juga dapat membuka menu Setting> Baterai> lalu aktifkan saklar untuk mode daya rendah.

Hapus Aplikasi yang Dinilai Boros Daya Baterai

Pengguna iPhone diberbagai tipe, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang paling boros penggunaan daya baterainya.

Cara menghemat baterai iPhone di tahapan ini adalah, buka Settings > General > Battery. Kemudian geser ke bawah untuk melihat aplikasi yang paling memakan banyak daya baterai dalam 24 jam terakhir atau 7 hari terakhir.

Jika kamu mendapati aplikasi yang tidak demikian penting fungsinya atau jarang-jarang dipakai diketemukan dalam daftar, kamu bisa hapus aplikasi itu dan mencari aplikasi dengan peranan sama yang ramah daya baterai.

Ubah ke Dark Mode

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya yakni mengubah ke Dark Mode. Cara ini bisa memberikan menghemat masa pakai baterai. iPhone yang didukung layer OLED antara lain iPhone X, iPhone XS/ XS Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 series, serta iPhone 13 series.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone, Terbukti Berhasil

Cara ubah ke Dark Mode, pertama masuk ke Setting > Display & Brightness > pilih Dark. Cara ini menjadi salah satu cara menghemat baterai iPhone

Atur Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai iPhone yang keempat adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layer iPhone. Karena layar yang terlalu terang lebih cepat menghabiskan daya baterai. Mengurangi kecerahan laya , kamu bisa mengaturnya di Control Center.

Triknya, swipe layar iPhone ke bawah, selanjutnya, geser tingkat kecerahan ke bawah untuk membuat lebih redup.

Disamping itu kamu dapat menonaktifkan Auto-Brightness. Apabila tidak, fitur ini akan secara automatis tingkatkan kecerahan layar saat di bawah sinar matahari yang cerah.

Caranya, buka Seting > Accessibility > Display dan Text Size > scroll ke sisi paling bawah, dan non-aktifkan Auto-Brightness.

Matikan Push dan Fetch E-mail

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya mematikan push dan fetch email. Jila kamu menerima banyak e-mail setiap harinya, pastikan untuk non-aktifkan sinkronisasi push, yaitu fitur yang mengupdate perangkat Anda dengan e-mail baru yang masuk.

Sebagai gantinya, kamu dapat meningkatkan interval fetch atau ambil e-mail, sehingga perangkat cuman mengecek e-mail baru pada jadwal yang diputuskan. Hal ini cukup merepotkan tapi saat pengguna sudah isi daya batterynya kembali, dapat mengubah pengaturan seperti umumnya.
Caranya, buka Seting > Mail > Akun > Fetch New Data dan atur lewat cara manual.

Aktifkan pengisian yang dioptimalkan

Pengisian yang dioptimalkan pada iOS bisa menolong meningkatkan masa pakai battery. Inilah Cara menghemat baterai iPhone.

Fitur direncanakan untuk hanya aktif di tempat lokasi pengguna habiskan paling beberapa waktu, seperti rumah dan tempat kerja.

Di saat fitur ini diaktifkan, iPhone akan menunda pengisian daya melewati 80 % berdasarkan aktivitas pengisian harian pengguna.

Dilansir gadgetstouse, fitur ini standar mulai iOS 13. Tetapi bila Anda menonaktifkannya, maka bisa mengaktifkanya kembali dengan berikut ini:

  • Buka Setting
  • Membuka kolom Battery
  • Ketuk Kesehatan Battery
  • Pilih Pengisian Battery yang Dioptimalkan.

Mengatur Waktu Penguncian Automatis (Auto-Lock)

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah mengatur waktu penguncian otomatis atau autolock. Auto-Lock ialah fitur yang mengunci layar iPhone saat pemakai tidak menggunakannya selama beberapa saat tertentu. Dalam hal ini pengguna dapat pilih dari 30 detik sampai 5 menit saat sebelum fitur ini aktif.
Pilihan terbaik ialah mengeset waktu paling singkat, bila kamu ingin menjaga battery semakin lama. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Seting > Display dan Brightness > Auto-Lock, tentukan waktu periode saat sebelum membuat layar jadi gelap.

Baca Juga :  Cara Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Non-aktifkan wallpaper dinamis

Wallpaper dinamis bisa mempercantik tampilan untuk beberapa pengguna iPhone. Tetapi cara ini bisa membuat battery terkuras untuk mengoperasikan fitur itu.
Jadi, Cara menghemat baterai iPhone adalah dengan menonaktifkan wallpaper dinamis.
Karena fitur itu menggunakan siklus CPU dan habiskan banyak battery. Jadi bila pengguna menyetel mode ini dianjurkan untuk menonaktifkan fitur itu, seperti dilansir iphonehacks.

Caranya buka setting, tentukan wallpaper, lalu tentukan wallpaper yang berasal dari galeri atau pilih wallpaper ‘Stills’ pada pilihan menu itu.
Itulah cara-cara menghemat battery iPhone iOS 14. Terakhir, Apple launching pembaruan iOS 14.4.1 yang di-launching beberapa lalu. iOS 14.4.1 untuk meningkatkan impresi pengguna dan meminimalkan bug yang ada di iOS sebelumnya.

Non-aktifkan layanan dan koneksi lokasi

GPS pada handphone dan fitur konektivitas yang lain seperti wifi dan bluetooth memakan banyak battery bila didiamkan menyala . Maka dianjurkan untuk menonaktifkan fitur tersebut jika tidak dipakai.
Anda dapat menonaktifkan service lokasi dengan buka:

  • Setting
  • Pilih Privacy
  • Layanan Lokasi dan matikan

Matikan Aplikasi yang Berjalan pada Latar Belakang

Cara menghemat battery iPhone selanjutnya yaitu menonaktifkan beberapa aplikasi kurang penting yang berjalan pada Background App Refresh. Tidak seluruhnya aplikasi perlu fitur ini kok, misalkan saja games.
Tetapi, buat aplikasi messaging, fitur ini harus dihidupkan ya. Makin banyak aplikasi yang punyai akses ke feature Background App Refresh, maknanya makin tinggi aplikasi menggerogoti batterymu. Untuk menonaktifkannya, membuka Settings > General > Latar belakang App Refresh dan tentukan aplikasi yang menurutmu kurang penting.

Matikan mode redup automatis

Rise to wake ialah fitur yang bermanfaat untuk menerangkan layar di saat menghidupkan layar iPhone. Dengan cara ini, Anda tak perlu aktifkan lewat cara manual. Tetapi fitur ini dianggap bisa menyerap energi battery.
Pengguna bisa menonaktifkannya untuk mengirit battery di iPhone, berikut triknya:

  • Buka setting di iPhone
  • Buka menu Display dan Brightness
  • Pilih untuk non-aktifkan ‘Raise to Wake’
Baca Juga :  Cara Mengubah Emoji Xiaomi Menjadi Emoji Iphone Tanpa Aplikasi

Matikan Notifikasi di Kunci Layar

Cara menghemat battery iPhone selanjutnya adalah mematikan notifikasi di kunci layer. Aplikasi yang berjalan pada iOS 10 secara default akan tampilkan notifikasi di monitor kunci, membuat iPhone kamu menyala agar kamu gampang melihatnya. Itu bagus, tetapi tidak seluruhnya aplikasi perlu menggunakan feature ini. Masalahnya, kamu harus mempertaruhkan ketahanan battery.

Makin berkurang aplikasi yang diizinkan, maka kurangi waktu layar aktif. Daya tahan battery juga jadi lebih baik. Untungnya, Apple menyediakan setting untuk sesuaikan pemberitahuan yang tampil di monitor kunci. Triknya membuka Settings > Notifications > pilih aplikasi dan matikan opsi Show on Lock Screen.

Mengelola Setelan GPS

Cara menghemat battery iPhone selanjutnya mengelola Setelan GPS. Tidak berarti kamu harus menonaktifkan fitur penting ini, tapi kamu harus mengelola aplikasi apa yang bisa menggunakan fitur layanan lokasi ini. Fitur ini membuat iDevice kamu menjadi lebih pandai.

Tapi jika banyak aplikasi yang diizinkan, sangatlah mempunyai potensi menyedot battery dengan cepat. Nach, kamu bisa mengurus pengaturan lokasi dengan ke arah Settings > Privasi > Location Serviss, selanjutnya geser bawah daftar aplikasi untuk menyaksikan aplikasi yang mana dibolehkan terhubung lokasi kamu.

Matikan Reducing Motion

Cara menghemat battery iPhone terakhir adalah menonaktifkan reducing motion. Bermacam dampak animasi yang tampi di iPhone memang menganakemaskan mata kita. Sayang, kamu harus membayarnya dengan daya battery. Karena itu, kamu dapat pikirkan menonaktifkannya di Settings > Accessibility > Reduce Motion.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.