Apa itu Halalan Thayyiban?

Apa itu Halalan Thayyiban?

Jelaskan pengertian halalan thayyiban

Islam mengajarkan kita untuk mengkomsumsi santapan yang halal serta thayyib. Itulah yang disebut dengan halalan thayyiban. Halalan thayyiban adalah sebuah sebutan yang biasa dipakai untuk aturan dalam mengkomsumsi makanan untuk umat Islam. Itulah penjelasan pengertian halalan thayyiban.

Masih banyak yang belum mengetahui secara jelas apakah itu halalan thayyiban. Maka dari itu kami akan Jelaskan lagi pengertian Halalan Thayyiban dari berbagai sumber yang kami himpun.

Maksud dari halalan atau makanan yang dibolehkan oleh Allah SWT bersifat thayyiban. Adalah santapan atau makanan yang ada manfaatnya untuk badan yang memakannya, sehat (tidak mengganggu kesehatan), tidak jijik dan lezat serta nikmat. Belum kadaluarsa dan tidak melawan perintah Allah SWT. Sebagaimana sudah ditentukan tentang halal dan haram nya makanan dengan firman Allah dalam al-quran surah al-baqarah ayat 172.

Singkatnya untuk menjelaskan pengertian dari Halalan Thayiban adalah

Untuk kesimpulan secara sederhana pengertian halalan thayyiban adalah makanan atau minuman yang keharamannya serta rasanya enak dan tidak mengandung segala unsur yang buruk serta membahayakan tubuh dan jiwa manusia.

Untuk urusan rasa enak atau tidak itu bersifat relative. Sebab, setiap orang tentu berbeda selera dan dan rasa yang diinginkan.

Akan tetapi untuk urusan aspek thayyiban berupa makanan tidak mengandung zat yang membahayakan tubuh serta jiwa manusia. Tentu saja mau dimana saja itu akan tetap sama.

Seperti salah satu contohnya makanan yang sepertinya masih layak makan. Tetapi sudah kadaluarsa maka makanan tersebut tidak layak disebut makanan halalan thayiban. Sebab dampak dari memakan makanan itu dapat membuat jiwa dan tubuh manusia berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.