Cara Restart iPhone dengan Mudah dan Benar

Cara Restart iPhone dengan Mudah dan Benar

Informasi penting bagi kamu pengguna iPhone tentang cara restart iPhone yang mudah dan benar. Harus kamu ketahui Restart adalah salah satu hal yang harus dilakukan bagi para pengguna iPhone. Restart iPhone bukan hanya dilakukan saat handset mengalami lag, hang, atau error. Namun, merestart perangkat iPhone harus rutin dilakukan, setiap harinya.

Dengan merestart handphone, berfungsi untuk memperpanjang umur dari perangkat itu karena secara automatis akan me-refresh sistem yang berada di dalamnya. Bisa diartikan bahwa restart melakukan tindakan sama dengan refresh yang berada di computer.

Manfaat Restart iPhone

Berikut beberapa manfaat restart atau reboot iPhone. Manfaat ini akan berasa jika Anda telah beberapa hari tidak merestart-nya.

Saat Sistem Mendadak Berhenti atau Malfunction

Saat asyik menjelajahi internet menggunakan iPhone, tiba-tiba perangkat itu berhenti dan tidak bisa berfungsi. Jangan cemas, Anda perlu merestart iPhone itu untuk membuat sistem bisa berfungsi kembali.

Memperbaiki Aplikasi yang Baru Didownload

Jika Anda baru saja mendownload aplikasi dari App Store atau situs lain, monitor Anda mungkin memperlihatkan perintah untuk restart iPhone Anda. Lakukan ini untuk menyempurnakan proses instalasi aplikasi baru itu.

Mengurangi Beban iPhone

iPhone memang merupakan perangkat mahal, dan bukan berarti iPhone tidak dapat overload? Sama dengan handphone Android dan yang lain, iPhone yang dipakai ters-terusan jadi overload. Ini dikarenakan oleh cache yang menumpuk dan jumlahnya aplikasi yang dijalankan.
Untuk kurangi beban iPhone ini, Anda harus merestart perangkat itu hingga bermacam cache akan dibersihkan. Karena bila didiamkan demikian saja, iPhone Anda bisa menjadi lag atau lelet saat dipakai.

Istirahatkan iPhone

Sistem pada suatu perangkat dapat merasa ‘lelah’ bila dipakai setiap hari tanpa diistirahatkan. Merestart atau mematikan perangkat sesudah sekian hari dipakai bisa membuat perangkat itu jadi lebih bertahan lama. Seharusnya, jangan lupa untuk merestart iPhone minimum 3-4 hari sekali.

Tes Jaringan

Restart berguna juga untuk mencoba jaringan yang tersambung pada perangkat Anda. Misalkan, saat browsing di iPhone jadi lelet, kemungkinan itu saatnya Anda merestart iPhone untuk mengupdate koneksi jaringan. Sesudah direstart, searching di iPhone akan jadi lebih cepat dan normal.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan iPhone Gratis

Manfaat restart ini bukan hanya berlaku untuk iPhone saja, tapi untuk semuanya tipe handphone. Masalahnya restart dilaksanakan untuk mengupdate mekanisme pada handphone. Sama dengan manusia, handphone perlu direstart untuk istirahatkan mekanisme sepanjang sesaat.

Cara Restart Lewat Sistem

Cara pertama dan yang termudah ialah lewat sistem iPhone Anda. Cara restart ini sebagai cara yang disarankan oleh pihak Apple dan bisa dilaksanakan bila perangkat Anda tidak mempunyai permasalahan yang berarti. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai layar menampilkan slider berwarna merah
  2. Tarik slider pada layar untuk mematikan iPhone Anda
  3. Setelah iPhone mati, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai Anda melihat logo Apple pada layar

Cara Restart Secara Paksa

Jika cara restart iPhone di atas tidak bisa bekerja pada perangkat Anda, kemungkinan Anda harus merestart secara paksa. Nach, berikut ialah cara restart secara paksa yang seharusnya dilaksanakan saat kondisi darurat atau saat iPhone tidak menjalankan perintah restart di atas:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake selama 10 detik
  2. Diamkan sampai Anda melihat logo Apple pada monitor

Masing-masing seri iPhone, berbeda cara restart paksanya. Langkah-langkah di atas dapat diaplikasikan pada iPhone 4s ke atas, dan berikut ini adalah cara merestart paksa dari perangkat iPhone 3G, 3GS, dan 4:

  1. iPhone 3G bisa direstart secara paksa dengan menekan tombol Home selama 6-10 detik
  2. iPhone 3GS dan 4 dapat direstart dengan cara tekan dan tahan tombol Sleep/Wake. Jika layar menampilkan slider berwarna merah, sebaiknya Anda tidak menarik slider merah tersebut, sebaiknya tekan dan tahan tombol ‘Home’ selama 6-15 detik

Cara Restart Tanpa Tombol

iPhone juga dapat direstart tanpa menekan tombol-tombol pada body perangkat ini. Cara yang pertama adalah dengan mengubah tampilan huruf iPhone menjadi tebal atau bold. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu ‘Settings’ pada iPhone
  2. Pilih General
  3. Pilih Accessbility > Bold Text, ubah ke posisi ON
  4. Layar iPhone kamu akan menunjukkan peringatan: Applying this setting with restart your iPhone
  5. Tekan Continue dan iPhone Anda akan terestart dengan sendirinya
Baca Juga :  Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone, Terbukti Berhasil

Sebagai catatan, jika Anda pemakaian iPhone dengan iOS 7 atau 8, jadi Anda dapat mencoba cara restart di atas ini. Tetapi, bila Anda memakai iOS 7 ke bawah, maka Anda tidak dapat mengaplikasikan cara restart dengan dengan huruf tebal (bold) ini.

Cara restart perangkat iPhone tanpa memakai tombol yang selanjutnya adalah dengan mereset setting jaringan wireless yang berada di iPhone Anda. Langkahnya:

  1. Buka Settings pada iPhone
  2. Pilih General
  3. Pilih Reset Network Settings, lalu lanjutkan dengan konfirmasi untuk merestart perangkat tersebut

Beberapa cara restart iPhone di atas dijamin aman dan tidak merusak perangkat Anda. Hindari merestart iPhone secara langsung melepaskan baterainya pada situasi hidup karena ini dapat merusak battery dan iPhone tersebut. Melepaskan baterai cuma bisa dilaksanakan jika semua cara di atas tidak bisa bekerja pada iPhone Anda.

Cara Restart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Beberapa pengguna iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, sekarang Anda tak perlu bingung untuk cara melakukan restart. Kali ini akan memberi tutorial cara merestart iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan:
Pencet tombol power yang berada di sisi kanan handphone

  1. Pencet tombol volume down bertepatan dengan memencet tombol power
  2. Selanjutnya tunggu beberapa menit sampai logo Apple tampil
  3. Kemudian iPhone Anda akan secara automatis lakukan restart
  4. Lalu, Anda perlu memasukkan passcode maupun sidik jari untuk menormalkan kembali handphone Anda

Cara Restart iPhone X dan iPhone 8

Bagi pengguna iPhone X dan iPhone 8, maka untuk cara lakukan restart-nya juga sedikit berbeda dengan seri iPhone yang lain. Jika Anda ingin lakukan restart pada iPhone X maka ada 3 cara tidak sama. Anda dapat pilih sesuai keperluan dan hasrat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Restart dengan tombol samping dan volume

  1. Click dan tahan pada tombol yang berada di sisi samping kanan bertepatan dengan tahan dan click tombol volume up/down sampai ada slider.
  2. Selanjutnya drag slider itu sampai iPhone X Anda betul-betul mati
  3. Sesudah iPhone X mati, Anda langsung bisa click dan tahan pada tombol yang berada di sisi samping kanan sampai ada simbol Apple
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Iphone Gratis Dengan Mudah

Perlu Anda kenali jika cara lakukan restart dengan tombol samping dan volume ini berlaku untuk pemakai iPhone 8.

Cara melakukan restart di menu settings

Disamping cara di atas, ada pula cara yang lain untuk melakukan restart pada iPhone X secara gampang yakni tanpa memakai bantuan dari tombol dari sisi / volume. Penasaran? Anda perlu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Click di bagian settings selanjutnya pilih menu general
  2. Kemudian Anda dapat lakukan scrolling down sampai menemukan kata “Shut Down”
  3. Pilih “Shut Down” untuk lakukan restart, benar-benar gampang kan?

Restart tanpa bantuan tombol volume

Disamping cara di atas, ada pula cara yang lain untuk lakukan restart pada iPhone X secara mudah yakni tanpa memakai bantuan dari tombol di samping / volume. Ingin tahu? Anda perlu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih settings > menu general
  2. Setelah itu Anda dapat lakukan scrolling down sampai menemukan kata “Shut Down”
  3. Dan sekarang Anda perlu klik “Shut Down” untuk lakukan restart, benar-benar simpel kan?

Restart tanpa bantuan tombol volume

Satu cara melakukan restart pada iPhone X yaitu merestart tanpa bantuan tombol volume. Cara yang ini terbilang lebih panjang ketimbang dua cara awalnya. Berikut cara :

  1. Ke menu settings dan pilih general
  2. Pilih Accessibility
  3. Pilih menu Assistive Touch dan turn on Assitive Touch
  4. Klik tombol Assitive Touch selanjutnya click “Device” dan pilih “More”
  5. Klik “Restart”

Merestart iPhone disarankan dilakukan setiap hari. Namun, Anda dapat merestart 3-4 hari atau bahkan juga satu minggu sekali. Pastikan Anda teratur hapus cache dan history browser di iPhone Anda supaya perangkat bebas dari lag dan permasalahan yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.