Mudah dan Praktis, Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar

Mudah dan Praktis, Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar

Saat ini, cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Android sedang popular di sejumlah media sosial. Ternyata, cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar merupakan salah satu teknik editing video yang kerab disebut dengan split screen. Dengan cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar ini, kamu bisa menggabungkan bahkan lebih dari dua sampai empat video dalam satu frame hingga lebih.

Pada dasarnya, teknik ini sering juga dipakai oleh para content creator untuk membuat video perbandingan, baik itu merupakan perbandingan dari kamera, gameplay atau lain sebagainya.

Untuk hasilnya tentu sering kamu lihat di media sosial khususnya di TikTok atau Instagram. Kalau kamu berminat dan mau mencobanya, kami akan akan mengulasnya tentang cara menggabungkan 2 video dalam 1 layar di Android.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video Jedag Jedug yang Viral

Cara Menggabungkan 2 Video Dengan Aplikasi Video Collage Maker

Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Android dengan Aplikasi Video Collage Maker
Kalau kamu sering mengedit video dengan memakai perangkat Android, tentu saja kamu sudah familiar dengan aplikasi Video Collage Maker.

Nah, agar kita lebih mudah membuat video split screen, maka kita akan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sudah tersedia sejumlah berbagai template kolase dengan sejumlah bentuk dan jumlah video dalam satu frame.

Kalau kamu tertarik mencobanya, berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Unduh aplikasi Video Collage Maker di Google Play Store. Kemudian buka aplikasinya lalu klik menu Start, selanjutnya akan muncul sejumlah bentuk, susunan, dan jumlah video yang akan dimasukan dalam satu frame, kemudian pilih bentuk template yang berisi dua video.
  2. Lalu atur aspek rasio video yang kamu mau, misalnya 16:9 untuk video YouTube atau rasio yang lain supaya porsi video sesuai dengan tampilan media sosial, misalnya untuk Instagram atau Tiktok.
  3. Kemudian, masukkan video 1 dan video 2 ke dalam template caranya klik kotak sebelah kiri, klik ikon (+) dan ‘Select Video’ untuk menambahkan video. Pilih video yang akan kamu masukkan.
  4. Selesai, kamu bisa sesuaikan posisi video dengan cara menggesernya. Kamu juga bisa memotong video sesuai keingingan kamu dengan memilih menu ‘Trim’.
  5. Lakukan cara yang sama untuk kotak sebelah untuk video 2. Kalau proses edit selesai, klik ‘Preview’ untuk melihat hasilnya.
  6. Lakukan render dan export video untuk menyimpannya ke galeri.
Baca Juga :  Fungsi presentasi video sebagai … untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam pembelajaran suatu produk yang telah dihasilkan

Kalau kamu mau memakai cara lain untuk mengedit video, ada beberapa rekomendasi aplikasi misalnya KineMaster, FilmoraGo, VivaVideo, dan sebagainya. Akan tetapi, seejumlah aplikasi tersebut terkadang tidak memiliki fitur split screen.

Namun, bukan berarti aplikasi tersebut tidak bisa digunakan, tetapi kamu harus melakukan crop, drag and drop, sampai video benar-benar pas pada posisinya.

Demikianlah tutorial cara menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di Android dengan aplikasi Video Collage Maker.

Untuk bisa menggunakannya kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Jangan lupa untuk membagikan artikel lini ke media sosial kamu kalau menurut kamu artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.