Cara Bikin Npwp Online

Berikut Cara Bikin Npwp Online, Syaratnya Mudah

NPWP merupakan singkatan nomor pokok wajib pajak. NPWP fungsinya untuk identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan di Indonesia. Bagaimana cara bikin NPWP online? Cara bikin NPWP online sekarang ini menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki NPWP tanpa harus datang ke kantor pajak. Kamu cukuup menyiapkan sejumlah persyaratan dan mengikuti petunjuk pembuatan NPWP.

Kita ketahui Kini, pembuatan NPWP bisa dilakukan dengan online. Cara bikin NPWP online  lebih mudah dilakukan daripada secara offline. Cara bikin NPWP online sudah tidak rumit seperti sebelumnya. Kamu tidak perlu repot datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk membuat NPWP, sebab di rumah saja kamu sudah bisa membuat NPWP dengan mudah.

Pihak Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) sudah menawarkan cara pendaftaran dan cara bikin NPWP online  melalui internet yang dikenal sebagai e-Registration (E-REG DJP). Cara bikin NPWP onlilne ini dipastikan sangat memudahkan kamu untuk membuat NPWP online. Lalu, bagaimanakah cara bikin NPWP online? Simak caranya di bawah ini.

Baca Juga :  Setiap warga negara wajib membayar pajak dengan memiliki

Pendaftaran NPWP melalui DJP Online di laman reg.pajak.go.id/daftar

Layanan ini tentu memudahkan masyarakat yang mau bikin NPWP karena tidak harus datang ke kantor pajak. Untuk mendaftar NPWP online orang pribadi, kamu harus menyiapkan persyaratan yakni KTP, email aktif, dan nomor handphone untuk keperluan verifikasi.
NPWP online

Ada tiga bagian penting dari cara bikin NPWP online. Langkah yang harus kamu lalui yakni:

  1. Mendaftar Akun NPWP Online
  2. Mengisi Formulir NPWP Online
  3. Menyampaikan Formulir NPWP Online

Tetapi, pendaftaran NPWP online ini hanya khusus untuk orang pribadi. Kalau untuk NPWP wiraswasta, NPWP karyawan, ataupun NPWP PNS/ASN.
Permohonan NPWP badan sementara ini harus dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

Baca Juga :  Setiap warga negara wajib membayar pajak dengan memiliki

Cara Bikin NPWP online, Ini Syarat daftar NPWP online

NPWP online hanya untuk wajib pajak orang pribadi. Jadi, syarat-syarat ini hanya untuk NPWP pribadi bukan badan. 
Sangat mudah syaratnya. Tetapi, sebelum kamu mendaftar kamu wajib menyiapkan berikut ini:

  • Email aktif
  • Scan e-KTP
  • Scan Keterangan Kerja dari tempat kamu bekerja (khusus untuk karyawan)
  • Scan SK PNS (khusus untuk PNS/ASN)
  • Surat Keterangan Usaha atau SIUP (khusus untuk wiraswasta)

Waspada Daftar NPWP Online

Ini harus jadi perhatian, sebab kamu harus Hati-hati jangan sampai kamu justru masuk ke website tidak berizin. Sudah banyak aplikasi tak berizin berpura-pura sebagai tempat administrasi perpajakan. Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bekerjasama dengan pihak ketiga supaya menyediakan aplikasi perpajakan.

Baca Juga :  Setiap warga negara wajib membayar pajak dengan memiliki

Perusahaan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) wajib mengantongi surat penunjukkan oleh DJP melalui Surat Keputusan Dirjen Pajak. PJAP wajib mencantumkan SK KEP Dirjen Pajak didalam aplikasinya.

Cara Bikin NPWP Onlilne, Ini Website daftar NPWP

https://ereg.pajak.go.id

Untuk cara bikin NPWP online, hanya bisa dilakukan pada website DJP. Kamu bisa mengunjungi situs https://ereg.pajak.go.id. Lalu klik daftar untuk membuat akun baru.

Cara bikin NPWP online juga bisa kamu lakukan kepada penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) yang sudah ditunjuk resmi oleh DJP. PT Mitra Pajakku adalah PJAP yang ditunjuk langsung dari DJP sebagai mitra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.