Handphone 4G Upgrade ke 5G?

Apakah Bisa Handphone 4G Upgrade ke 5G? Berikut Penjelasannya

Supaya kamu bisa menikmati layanan internet dengan jaringan 5G yang disediakan berbagai macam operator, pengguna tentu memerlukan perangkat khusus yang punya dukungan untuk itu.
Jaringan 5G layanan baru di dunia telekomunikasi seluler. Sebagai pilihan yang lebih baik, teknologi baru ini menawarkan sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya seperti kecepatan, latensi, hingga kerapatan koneksi.

Sama dengan 4G dan 3G, jaringan ini butuh perangkat khusus di pemancar dan penangkap sinyal. Secara sederhana, kamu membutuhkan handphone yang juga mempunyai teknologi 5G di dalamnya.
Smartphone berteknologi 5G sudah mulai banyak tersedia di pasaran. Sejumlah provider sudah mendukung teknologi dengan jaringan dengan Non-standalone (NSA) yang sekarang sedang tenar di Indonesia.

Baca Juga :  Jelaskan perbedaan operator & dan operator +​

Walau begitu, kamu harus benar-benar membeli perangkat baru? Atau apakah bisa handphone 4G upgrade ke 5G supaya bisa hemat dengan uang saku kamu?

Belum ada opsi untuk melakukan hal tersebut. Sebab, kamu masih perlu smartphone baru supaya bisa menggunakan jaringan 5G.

Apakah Bisa Handphone Berteknologi 4G Upgrade ke 5G?

 4G Upgrade ke 5G

Opsi migrasi dari teknologi jaringan 4G ke 5G tidak hanya membutuhkan perubahan di sisi peranti lunak saja, namun secara khusus juga memerlukan dukungan dari peranti keras tertentu.
Untuk smartphone, pindah ke 5G salah satunya harus dilakukan dengan memasang modem seluler yang mempunyai kemampuan akses di jaringan tersebut dimana biasanya sudah terintegrasi di dalam SoC (System-on-Chip).

Baca Juga :  Ini Cara Cek Nomer Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

Simplenya saja, kalau kamu mau mengubah handphone 4G ke 5G kamu harus mengganti salah satu perangkat di dalamnya. Hal ini akan sangat sulit untuk dilakukan. Setiap papan induk yang ada di dalam tentu mempunyai dukungan kompabilitasnya masing-masing. Jadi, kamu tidak boleh memasang SoC berbeda asal-asalan.

Di Indonesia setiap operator mempunyai ketentuan yang berlainan. Telkomsel di pita frekuensi 2.300 MHz, Indosat Ooredoo di 1.800MHz, dan Smartfren di 28 GHz.

Oleh karena sulit untuk dilakukan dan belum ada pilihan untuk meningkatkan jaringan di handphone, kamu harus mengambil cara lain. Jika kamu mau memotong pengeluaran, kamu harus mau mencoba metode berikut.

Alternatif Untuk Mengakses Jaringan 5G

Dengan diluncurkannya 5G, beberapa operator menawarkan paket yang berisi kuota dan modem untuk mempermudah para pelanggan menikmati jaringan tersebut.

Baca Juga :  Yang bukan termasuk jenis operator yaitu

Telkomsel salah satunya. Operator ini menawarkan paket penjualan Orbit 5G yang di dalamnya menyediakan modem Huawei H122 dengan harga dari Rp6.299.000.

Pengguna handphone 4G bisa memilih paket untuk mengakses jaringan 5G tanpa ganti handphone. Pilihan ini bisa dipakai bersama-sama dengan kerabat dan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.